SOLUSI PENGOBATAN UNTUK SEHAT
solusiobat.com
Gold Natto
Gold G Sea Cucumber Jeli
Cyano Spirulina
Gold Natto
Biofirion Necklace

Telephon

Hubungi Kami di Hp. 08123700228 (Simpati) atau 081907302701

Google PageRank Checker

goldg320ml

cyanospirulina

biofirion

Gold Natto

 

Athlete's Foot



Definisi Athlete's Foot

Athlete's foot adalah suatu infeksi kulit yang sangat umum dari kaki yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang umumnya menyebabkan athlete's foot disebutTrichophyton. Ketika kaki-kaki atau area-area lain dari tubuh menetap lembab, hangat, dan teriritasi, jamur ini dapat tumbuh dan menginfeksi lapisan paling atas dari kulit. Infeksi-infeksi jamur dapat terjadi dimana saja pada tubuh, termasuk kulit kepala, tubuh badan, anggota-anggota badan (lengan-lengan dan kaki-kaki), tangan-tangan, kaki-kaki, kuku-kuku, selangkangan, dan area-area lain.

Athlete's foot disebabkan oleh jamur ringworm ("tinea" dalam jargon kedokteran). Athlete's foot juga disebut tinea pedis. Jamur yang menyebabkan athlete's foot dapat ditemukan pada banyak lokasi-lokasi, termasuk lantai-lantai di gyms, kamar-kamar ganti baju (locker rooms), swimming pools, salon-salon kuku, dan di kaos-kaos kaki dan pakaian. Jamur juga dapat disebar secara langsung dari orang ke orang atau dengan sentuhan (kontak) dengan obyek-obyek ini.

Bagaimanapun, tanpa kondisi-kondisi pertumbuhan yang tepat (suatu lingkungan yang hangat dan lembab), jamur mungkin tidak secara mudah menginfeksi kulit. Sampai dengan 70% dari populasi mungkin mempunyai athlete's foot pada suatu ketika selama kehidupan mereka.

Gejala-Gejala Athlete's Foot

Gejala-gejala dari athlete's foot secara khas termasuk derajat-derajat yang beragam dari gatal dan rasa terbakar. Kulit mungkin seringkali terkupas, dan pada kasus-kasus yang terutama parah, mungkin ada beberapa keretakan, nyeri, dan begitu juga perdarahan. Beberapa orang-orang tidak mempunyai gejala-gejala sama sekali dan tidak mengetahui mereka mempunyai suatu infeksi.

Bentuk Athlete's Foot

Athlete's foot mungkin nampak seperti area-area kulit yang merah, terkupas dan kering pada satu atau kedua telapak kaki. Adakalanya serpihan-serpihan kering mungkin menyebar pada sisi-sisi dan atas dari kaki-kaki. Paling umum ruam terlokalisir pada hanya telapak-telapak kaki. Ruang antara jari-jari kaki yang keempat dan kelima juga mungkin mempunyai beberapa kelembaban, pengupasan, dan serpihan-serpihan kering.

Ada tiga tipe yang umum dari athlete's foot:

  1. telapak-telapak kaki, juga disebut tipe "moccasin"
  2. diantara jari-jari kaki, juga disebut tipe "interdigital"
  3. tipe peradangan atau pelepuhan (blistering)

Kasus-kasus yang tidak umum mungkin nampak seperti gelembung-gelembung (blisters) kaki yang kecil atau besar (disebut bullous tinea pedis), tambalan-tambalan yang tebal dari kulit yang merah dan kering, atau calluses dengan kemerahan. Adakalanya, ia mungkin nampak seperti hanya kulit yang kering ringan tanpa suatu kemerahan atau peradangan.

Athlete's foot mungkin hadir sebagai suatu ruam pada satu atau kedua kaki dan bahkan melibatkan tangan. Ini adalah suatu penunjukan yang sangat umum dari athlete's foot. Infeksi-infeksi jamur tangan disebut tinea manuum. Penyebab yang tepat dari mengapa infeksi umumnya hanya mempengaruhi satu tangan tidak diketahui.

Athlete's foot mungkin juga terlihat bersama dengan ringworm dari selangkangan (terutama pada pria-pria) atau tangan-tangan. Adalah bermanfaat untuk memeriksa kaki-kaki kapan saja ada suatu ruam jamur selangkangan yang disebuttinea cruris. Adalah penting untuk merawat semua area-area dari infeksi jamur sekaligus untuk menghindari infeksi kembali.

Apakah Athlete's Foot Menular ?

Athlete's foot mungkin menular dari orang ke orang, namun ia tidak selalu menular. Beberapa orang-orang mungkin lebih peka pada jamur yang menyebabkan athlete's foot dimana yang lain-lain adalah lebih resisten (tahan). Ada banyak rumahtangga-rumahtangga dimana dua orang (seringkali suami dan istri atau anak-anak) yang menggunakan tempat mandi yang sama untuk bertahun-tahun telah tidak menularkan jamur diantara mereka. Penyebab yang tepat dari kecenderungan atau kepekaan ini pada infeksi jamur tidak diketahui. Beberapa orang-orang tampaknya lebih cenderung pada infeksi-infeksi jamur kulit daripada yang lain-lain.

Apa Saja Penyebab Ruam-Ruam Kaki ?

Ada banyak kemungkinan penyebab-penyebab dari ruam-ruam kaki. Athlete's foot adalah satu dari penyebab-penyebab yang lebih umum. Penyebab-penyebab tambahan termasuk infeksi kulit (dermatitis) yang mengiritasi atau kontak (bersentuhan), ruam-ruam alergi dari sepatu-sepatu atau cream-cream lain, dyshidrotic eczema (ruam alergi kulit), psoriasis, keratodermia blenorrhagicum, infeksi-infeksi ragi, dan infeksi-infeksi bakteri.

Dokter anda dapat melakukan suatu tes sederhana yang disebut suatu KOH, atau potassium hydroxide untuk pemeriksaan mikroskopik jamur, di tempat praktek atau laboratorium untuk mengkonfirmasi kehadiran dari suatu infeksi jamur. Tes ini dilaksanakan dengan menggunakan serpihan-serpihan kecil dari kulit yang diuji dibawah mikroskop. Banyak ahli-ahli kulit (dermatologists) melaksanakan tes ini di tempat praktek mereka dengan hasil-hasil tersedia dalam waktu menit. Jarang, suatu potongan kecil dari kulit mungkin diangkat dan dikirim untuk biopsi untuk membantu mengkonfirmasi diagnosis