SOLUSI PENGOBATAN UNTUK SEHAT
solusiobat.com
Gold Natto
Gold G Sea Cucumber Jeli
Cyano Spirulina
Gold Natto
Biofirion Necklace

Telephon

Hubungi Kami di Hp. 08123700228 (Simpati) atau 081907302701

Google PageRank Checker

goldg320ml

cyanospirulina

biofirion

Gold Natto

 

Demam Dengue



Definisi Demam Dengue

Demam dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh keluarga virus-virus yang ditularkan oleh nyamuk-nyamuk. Ia adalah penyakit akut yang timbul tiba-tiba yang biasanya mengikuti perjalanan yang tidak berbahaya dengan sakit kepala, demam, kelelahan, nyeri sendi dan otot yang parah, kelenjar-kelenjar yang membengkak (lymphadenopathy), dan ruam. Kehadiran ("tiga serangkai dengue") dari demam, ruam, dan sakit kepala (dan nyeri-nyeri lain) adalah terutama karakteristik dari dengue.

Dengue (dilafalkan DENG-gay) menghantam orang-orang degan tingkat-tingkat kekebalan (imunitas) yang rendah. Karena ia disebabkan oleh salah satu dari empat tipe-tipe sero dari virus, adalah mungkin untuk memperoleh demam dengue beberapa kali. Bagaimanapun, serangan dari dengue menghasilkan imunitas (kekebalan) untuk seumur hidup pada tipe sero tertentu itu yang padanya pasien terpapar.

Dengue dikenal dengan nama-nama lain, termasuk "breakbone" atau "dandy fever." Korban-korban dari dengue seringkali mempunyai peliukan-peliukan tubuh yang disebabkan oleh nyeri sendi dan otot yang hebat, makanya dinamakanbreakbone fever. Budak-budak di West Indies yang mendapatkan dengue dikatakan mempunyai dandy fever karena postur-postur dan gaya berjalan mereka.

Demam berdarah dengue atau dengue hemorrhagic fever adalah bentuk yang lebih parah dari penyakit virus. Manifestasi-manifestasi termasuk sakit kepala, demam, ruam, dan bukti dari perdarahan (hemorrhage) dalam tubuh. Petechiae(blister-blister merah atau ungu yang kecil dibawah kulit), perdarahan di hidung atau gusi-gusi, feces-feces yang hitam, atau mudah memar adalah semuanya kemungkinan tanda-tanda perdarahan (hemorrhage). Bentuk demam dengue ini dapat megancam nyawa atau bahkan fatal.

Area-Area Yang Berisiko Tinggi Memperoleh Demam Dengue

Dengue adalah lazim diseluruh daerah-daerah tropis dan subtropis. Wabah telah terjadi di Caribbean, termasuk Puerto Rico, the U.S. Virgin Islands, Kuba, dan Central America. Kasus-kasus juga telah diimport via wisatawan-wisatawan yang kembali dari area-area dengan dengue yang tersebar luas, termasuk Tahiti, Pasifik Selatan, Asia Tenggara, West Indies, India, dan Timur Tengah.

Demam dengue adalah umum dan mungkin meningkat di Asia Tenggara. Thailand, Vietnam, Singapore, dan Malaysia semuanya telah melaporkan peningkatan dalam kasus-kasus. Menurut World Health Organization (WHO), ada kira-kira 50 juta kasus-kasus demam dengue dengan 500,000 kasus-kasus dari demam berdarah dengue yang memerlukan perawatan dirumah sakit setiap tahun. Hampir 40% dari populasi dunia tinggal di area endemik dengan dengue.

Bagaimana Dengue Didapatkan ?

Virus didapat dari gigitan nyamuk Aedes aegypti yang berbelang yang sebelumnya telah menggigit seseorang yang terinfeksi. Nyamuk tumbuh dengan subur selama musim-musim hujan namun dapat berbiak dalam pot-pot bunga yang berisi air, kantong-kantong plastik, dan kaleng-kaleng sepanjang tahun. Satu gigitan nyamuk dapat menimbulkan penyakit.

Virus tidak menular dan tidak dapat disebar secara langsung dari orang ke orang. Jalurnya harus dari orang ke nyamuk ke orang lain.

Tanda-Tanda dan Gejala-Gejala Dengue

Setelah digigit oleh nyamuk yang membawa virus, periode inkubasi mencakup dari 3 sampai 15 (biasanya 5 sampai 8) hari sebelum tanda-tanda dan gejala-gejala dari dengue nampak. Dengue mulai dengan kedinginan, sakit kepala, nyeri kalau menggerakan mata-mata, dan sakit punggung bagian bawah. Nyeri yang menyakitkan pada kaki-kaki dan sendi-sendi terjadi selama jam-jam pertama dari penyakit. Temperatur naik dengan cepat setinggi 104° F (40° C), dengan denyut jantung yang relatif rendah (bradycardia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Mata-mata menjadi memerah. Ruam merah muda yang pucat dan menyiram timbul pada muka dan kemudian menghilang. Kelenjar-kelenjar (nodul-nodul limfa) di leher dan selangkangan kaki seringkali membengkak.

Demam dan tanda-tanda lain dari dengue berlangsung untuk dua sampai empat hari, diikuti oleh kejatuhan temperatur yang cepat (defervescence) dengan berkeringat yang berlebihan. Ini mendahului periode dengan temperatur yang normal dan perasaan sehat yang berlangsung kira-kira satu hari. Kenaikan kedua yang cepat dalam temperatur terjadi. Ruam yang karakteristik tampak bersama dengan demam dan menyebar dari anggota-anggota tubuh untuk menutupi seluruh tubuh kecuali muka. Telapak-telapak tangan dan telapak-telapak kaki mungkin adalah merah terang dan membengkak.