SOLUSI PENGOBATAN UNTUK SEHAT
solusiobat.com
Gold Natto
Gold G Sea Cucumber Jeli
Cyano Spirulina
Gold Natto
Biofirion Necklace

Telephon

Hubungi Kami di Hp. 08123700228 (Simpati) atau 081907302701

Google PageRank Checker

goldg320ml

cyanospirulina

biofirion

Gold Natto

 

ENDOMETRIOSIS

Definisi Endometriosis

Endometriosis adalah pertumbuhan dari sel-sel yang serupa dengan yang membentuk bagian dalam dari kandungan (endometrial cells), namun pada suatu lokasi diluar dari kandungan. Endometrial cells adalah sel-sel yang sama yang dilepaskan setiap bulan selama menstruasi. Sel-sel dari endometriosis melekatkan dirinya pada jaringan diluar kandungan dan disebut endometriosis implants. Implants (penanaman-penanaman) ini paling sering ditemukan pada indung-indung telur (ovaries), tabung-tabung Fallopian, permukaan-permukaan luar dari kandungan dan usus-usus, dan pada lapisan permukaan dari rongga pelvis. Mereka juga dapat ditemukan pada vagina, leher rahim (cervix), dan kantong kemih, meskipun kurang umum daripada lokas-lokasi lain di pelvis. Jarang, endometriosis implants dapat terjadi diluar pelvis, pada hati, pada luka-luka parut operasi lama, dan bahkan di atau sekitar paru atau otak. Endometrial implants, sementara mereka dapat menyebabkan persoalan-persoalan, adalah jinak (bukan kanker).

Siapa Yang Terpengaruh Oleh Endometriosis ?

Endometriosis mempengaruhi wanita-wanita pada tahun-tahun reproduktifnya. Kelaziman yang tepat dari endometriosis tidak diketahui, karena banyak wanita-wanita mungkin mempunyai kondisi ini dan tidak mempunyai gejala-gejala. Endometriosis diperkirakan mempengaruhi lebih dari satu juta wanita-wanita di Amerika. Ia adalah satu dari penyebab-penyebab yang memimpin dari nyeri pelvis dan sebab-sebab untuk operasi laparoscopic dan hysterectomy di negeri ini. Sementara kebanyakan kasus-kasus dari endometriosis didiagnosa pada wanita-wanita yang berumur sekitar 25-35 tahun, endometriosis telah dilaporkan pada gadis-gadis semuda seumur 11 tahun. Endometriosis adalah jarang pada wanita-wanita postmenopause. Endometriosis lebih umum ditemukan pada wanita-wanita kulit putih dibandingkan dengan wanita-wanita Amerika keturunan Afrika dan Asia. Studi-studi lebih jauh menyarankan bahwa endometriosis adalah paling umum pada wanita-wanita yang lebih tinggi dan kurus dengan suatu indeks massa tubuh (body mass index, BMI) yang rendah. Menunda kehamilan sampai suatu umur yang lebih tua juga dipercayai meningkatkan risiko mengembangkan endometriosis

Penyebab Endometriosis

Penyebab dari endometriosis tidak diketahui. Satu teori adalah bahwa jaringan endometrial diendapkan pada lokasi-lokasi yang tidak biasa oleh back up dari aliran menstruasi kedalam tabung-tabung Fallopian dan rongga pelvis dan perut selama menstruasi (diistilahkan retrograde menstruation). Penyebab dari retrograde menstruation tidak dimengerti secara jelas. Namun retrograde menstruation tidak dapat adalah satu-satunya penyebab dari endometriosis. Banyak wanita-wanita mempunyai retrograde menstruation pada derajat-derajat yang bervariasi, namun tidak semua dari mereka mengembangkan endometriosis.

Kemungkinan lain adalah bahwa area-area yang melapisi organ-oragan pelvis memiliki sel-sel primitif yang mampu untuk tumbuh kedalam bentuk-bentuk lain dari jaringan, seperti sel-sel endometrial. Proses ini diistilahkan coelomic metaplasia.

Adalah juga mungkin bahwa pemindahan (transfer) langsung dari jaringan-jaringan endometrial sewaktu operasi mungkin bertanggung jawab untuk endometriosis implants yang adakalanya terlihat pada luka-luka parut operasi (contohnya,episiotomy atau Cesarean section scars). Transfer dari sel-sel endometrial via aliran darah atau sistim limfatik adalah penjelasan yang paling mungkin untuk kasus-kasus yang jarang dari endometriosis yang berkembang di otak dan organ-organ lain jauh dari pelvis.

Akhirnya, beberapa studi-studi telah menunjukan perubahan-perubahan pada respon imun pada wanita-wanita dengan endometriosis, yang mungkin mempengaruhi kemampuan alamiah tubuh untuk mengenali dan menghancurkan segala pertumbuhan yang mengarah arah yang salah dari jaringan endometrial.

Gejala-Gejala Endometriosis

Kebanyakan wanita-wanita yang mempunayi endometriosis, faktanya, tidak mempunayi gejala-gejala. Dari mereka yang mengalami gejala-gejala, gejala-gejala yang umum adalaha nyeri (biasanya pelvis) dan kemandulan. Nyeri pelvis biasanya terjadi selama atau tepat sebelum menstruasi dan berkurang setelah menstruasi. Beberapa wanita-wanita mengalami nyeri atau kejang dengan hubungan seksual, buang air besar dan/atau buang air kecil. Bahkan pemeriksaan pelvis oleh seorang dokter dapat menyakitkan. Intensitas nyeri dapat berubah dari bulan ke bulan, dan bervariasi sangat besar diantara wanita-wanita. Beberapa wanita-wanita mengalami perburukan dari gejala-gejala secara progresif, sementara yang lain-lain dapat mempunyai resolusi nyeri tanpa perawatan.

Nyeri pelvis pada wanita-wanita dengan endometriosis tergantung sebagian pada dimana implants dari endometriosis berlokasi.

  • Implant-implant yang lebih dalam dan implant-implant pada area-area dengan banyak syaraf-syaraf sensor mungkin lebih mungkin menghasilkan nyeri.
  • Implant-implant mungkin juga menghasilkan senyawa-senyawa yang bersirkulasi dalam aliran darah dan menyebabkan nyeri.
  • Akhirnya, nyeri dapat berakibat ketika endometriosis implants membentuk luka-luka parut. Tidak ada hubungan antara keparahan nyeri dan berapa luas menyebarnya endometriosis ("tingkat" dari endometriosis).

Endometriosis dapat menjadi satu dari sebab-sebab kemandulan pada pasangan-pasangan yang jika tidak adalah sehat. Ketika pemeriksaan-pemeriksaan laparoscopic dilakukan untuk evaluasi-evaluasi kemandulan, endometrial implants dapat ditemukan pada beberapa pasien-pasien ini, banyak darinya mungkin tidak mempunyai gejala-gejala yang menyakitkan dari endometriosis. Sebab-sebab untuk suatu penurunan pada kesuburan tidak dimengerti sepenuhnya, namun mungkin disebabkan oleh keduanya faktor-faktor anatomi dan hormon. Kehadiran dari endometriosis mungkin melibatkan massa-massa dari jaringan atau luka-luka parut (adhesions) didalam pelvis yang mungkin menyimpangkan struktur-struktur anatomi yang normal, seperti tabung-tabung Fallopian, yang mengangkut telur-telur dari indung-indung telur. Sebagai alternatif, endometriosis mungkin mempengaruhi kesuburan melalui produksi dari hormon-hormon dan senyawa-senyawa lain yang mempunayi suatu efek negatif pada ovulasi, pembuahan telur, dan/atau implantasi dari embrio.

Gejala-gejala lain yang berhubungan dengan endometriosis termasuk:

  • nyeri perut bagian bawah,
  • diare dan/atau sembelit,
  • nyeri punggung bawah,
  • perdarahan menstruasi yang tidak teratur atau berat, atau
  • darah dalam urin.

Gejala-gejala yang jarang dari endometriosis termasuk nyeri dada atau batuk darah yang disebabkan oleh endometriosis pada paru-paru dan sakit kepala dan/atau serangan-serangan kejang yang disebabkan oleh endometriosis di otak

Endometriosis Dan Risiko Kanker

Wanita-wanita dengan endometriosis mempunyai suatu risiko yang meningkat secara ringan untuk mengembangkan tipe-tipe tertentu dari kanker indung telur, dikenal sebagai epithelial ovarian cancer (EOC). Risiko ini tampaknya adalah tertinggi pada wanita-wanita dengan endometriosis dan kemandulan primer (mereka yang tidak pernah melahirkan seorang anak), namun penggunaan pil-pil pencegahan kehamilan oral atau oral contraceptive pills (OCPs), yang adakalanya digunakan pada perawatan dari endometriosis, tampaknya mengurangi secara signifikan risiko ini.

Sebab-sebab untuk asosiasi (hubungan) antara endometriosis dan ovarian epithelial cancer tidak dimengerti secara jelas. Satu teori adalah bahwa endometriosis implants mereka sendiri menjalani transformasi ke kanker. Kemungkinan lain adalah bahwa kehadiran dari endometriosis mungkin berhubungan dengan faktor-faktor genetik atau lingkungan lain yang juga meningkatkan risiko seorang wanita mengembangkan kanker indung telur (ovarian cancer).