SOLUSI PENGOBATAN UNTUK SEHAT
solusiobat.com
Gold Natto
Gold G Sea Cucumber Jeli
Cyano Spirulina
Gold Natto
Biofirion Necklace

Telephon

Hubungi Kami di Hp. 08123700228 (Simpati) atau 081907302701

Google PageRank Checker

goldg320ml

cyanospirulina

biofirion

Gold Natto

 

Gingivitis, Periodontitis



Gingivitis, juga umumnya disebut penyakit gusi atau penyakit periodontal, menggambarkan kejadian-kejadian yang mulai dengan pertumbuhan bakteri didalam mulut anda dan mungkin berakhir - jika tidak dirawat dengan benar - dengan kehilangan gigi yang disebabkan oleh pengrusakan dari jaringan yang mengelilingi gigi-gigi anda.

Sebenarnya, gingivitis dan periodontitis adalah dua stadium yang berbeda dari penyakit gusi.

Perbedaan Antara Gingivitis Dan Periodontitis

Gingivitis biasanya mendahului periodontitis. Bagaimanapun, adalah penting untuk mengetahui bahwa tidak semua gingivitis berlanjut ke periodontitis.

Pada keadaan awal dari gingivitis, bakteri-bakteri dalam plaque terbentuk, menyebabkan gusi-gusi menjadi meradang (merah dan bengkak) dan seringkali dengan mudah berdarah sewaktu sikat gigi. Meskipun gusi-gusi mungkin teriritasi, gigi-gigi masih dengan kuat tertanam dalam rongga-rongga mereka. Tidak ada kerusakan tulang atau jaringan lain yang tidak dapat dikembalikan telah terjadi pada stadium ini.

Jika gingivitis dibiarkan tidak dirawat, ia dapat berlanjut ke periodontitis. Pada orang dengan periodontitis, lapisan bagian dalam dari gusi dan tulang menjauh dari gigi-gigi dan membentuk kantong-kantong (pockets). Ruang-ruang kecil ini antara gigi-gigi dan gusi-gusi mengumpulkan puing-puing (kotoran) dan dapat menjadi terinfeksi. Sistim imun tubuh melawan bakter-bakteri ketika plaque menyebar dan tumbuh dibawah garis gusi.

Racun-racun - yang dihasilkan oleh bakteri-bakteri dalam plaque serta enzim-enzim tubuh yang "baik" yang terlibat dalam memerangi infeksi-infeksi - mulai mengurai tulang dan jaringan penghubung yang memegang gigi-gigi pada tempatnya. Ketika penyakitnya berlanjut, kantong-kantong (pockets) mendalam dan lebih banyak jaringan gusi dan tulang yang dirusak. Ketika ini terjadi, gigi-gigi tidak lagi tertanam pada tempatnya, mereka menjadi lebih kendur, dan kehilangan gigi terjadi. Penyakit gusi, nyatanya, adalah penyebab yang memimpin dari kehilangan gigi pada kaum dewasa.

Penyebab Penyakit Periodontal

Plaque adalah penyebab utama dari penyakit periodontal. Bagaimanapun, faktor-faktor lain dapat berkontribusi pada penyakit gusi. Ini termasuk:

  • Perubahan-perubahan hormon - seperti yang terjadi selama kehamilan, masa pubertas, menopause, dan menstruasi bulanan - membuat gusi-gusi lebih sensitif, yang membuat gingivitis lebih mudah untuk berkembang.
  • Penyakit-penyakit mungkin mempengaruhi kondisi dari gusi-gusi. Ini termasuk penyakit-penyakit seperti kanker atau HIV yang mengganggu sistim imun. Karena diabetes mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan gula darah, pasien-pasien dengan penyakit ini berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan infeksi-infeksi, termasuk penyakit periodontal.
  • Obat-obat dapat mempengaruhi kesehatan mulut (oral) karena beberapa mengurangi aliran air liur, yang mempunyai efek perlindungan pada gigi-gigi dan gusi-gusi. Beberapa obat-obat, seperti obat anticonvulsant Dilantin dan obat anti-angina Procardia dan Adalat, dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan gusi yang abnormal.
  • Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, membuat jaringan gusi lebih sulit untuk memperbaiki dirinya sendiri.
  • Kebiasaan-kebiasaan kesehatan mulut yang buruk seperti tidak menggosok dan flossing pada basis harian, membuat gingivitis lebih mudah untuk berkembang.
  • Sejarah penyakit gigi keluarga dapat menjadi faktor yang berkontribusi untuk perkembangan gingivitis